Add
Pin images from any website or computer of you
Upload a Pin

Add a pin
Find Images

    Create a Board

    Banner

    PRPBBI - Pesta 2014

    On 31 Aug 2020 - Rate this article ( 0 Votes )  - Ditulis oleh Maloni Parapat - Dilihat: 920 - Kategori: Berita & Kegiatan - 0 Comments

    Parsadaan Si Raja Parapat dohot Boru, Bere/Ibebere Se-Indonesia (PRPBBI)

    Pada hari Sabtu tanggal 22 Maret 2014 Parsadaan Si Raja Parapat dohot Boru, Bere/Ibebere Se-Indonesia resmi terbentuk di GPU St. Nahanson Parapat Jln Wibawa Mukti 131 Jati Asih Bekasi yang dikukuhkan oleh Raja Mangaranap Laksda (Purn) DR FM Parapat.

     

    Didasari adanya kepentingan bersama, disertai perlu adanya ikatan solidaritas, rasa kekeluargaan satu turunan, perlu satu landasan berpijak, yang dapat menciptakan derap langkah, yang searah sehaluan menuju peningkatan kesejahteraan dalam berbagai aspek kehidupan dan penghidupan bagi Parsadaan Si Raja Parapat dohot Boru, Bere/Ibebere Se-Indonesia yang selanjutnya akan disebut PARSADAAN, di manapun berada yang mengacu pada makna dan tujuan SI RAJA PARAPAT yang mengatakan: “Parapat sisada Anak, sisada Boru; Marsiurupan dibagas holong”.

     

    Bahwa PARSADAAN didirikan karena didorong oleh keinginan dan kesadaran, supaya terbina hubungan keakraban kekeluargaan antara sesama keturunan Raja Parapat dohot Boru, Bere/Ibebere di seluruh Nusantara dan dimanapun berada, secara berkesinambungan dan berkualitas.

    Melalui pembinaan dan peningkatan keakraban kekeluargaan dapat  meningkatkan Citra Keturunan Raja Parapat dohot Boruna, Bere/Ibebere di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia.

    Melalui persatuan dan kesatuan dalam perilaku, pola pikir dan derap langkah dapat mengadakan kegiatan yang merupakan kondisi dinamis untuk mencapai tujuan bersama mengembangkan diri atau kebersamaan keturunan Raja Parapat dohot Boru/Bere/Ibebere agar hidup harmonis, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan lahir dan batin.

    Melestarikan Adat dan Budaya Batak khususnya dikalangan marga Parapat dan generasi mudanya.

    Wadah ini berfungsi sebagai tempat menampung dan menggodok buah pikiran / program pembinaan dan pengabdian para anggotanya. Bahwa pada Musyawarah nasional yang sudah dilaksanakan para Pengetua, Tokoh Adat dan Cendekiawan Pomparan Raja Parapat dohot Boru/Bere/Ibebere,  yang  telah bermufakat untuk membentuk PARSADAAN yang anggotanya adalah seluruh Keturunan Si Raja Parapat dohot Boruna, Bere/Ibebere yang berada diberbagai wilayah di Indonesia. Pada saat pembentukan PARSADAAN ini telah terdata berbagai punguan Marga Parapat di wilayah Jabodetabek, Medan, Pematang Siantar, Sipoholon, Balige, Pahae, Rantau Prapat, Jambi, Pekanbaru, Palembang, Batam, Bandung, Surabaya/Malang dan Balikpapan/Bontang. Seiring berjalannya waktu telah terdata punguan Marga Parapat dari wilayah Medan Utara/Belawan, Aek Kanopan/Londut, Bandar Lampung dan diharapkan akan bisa bertambah lagi dari wilayah-wilayah lain yang ada di seluruh Indonesia dan tidak tertutup kemungkinan akan adanya Pomparan Si Raja Parapat yang bermukim di luar negeri dan telah mempunyai keturunan anak maupun cucu disana, dengan adanya PARSADAAN ini mereka akan mau bergabung melalui media sosial yang saat ini telah berkembang dengan pesat yang penggunanya terdiri dari berbagai kalangan, tua/muda, laki-laki/perempuan bahkan lansia.

     

    (.....)

     

    Download Attachments:

    Enjoyed this article? Share it

    About The Author

    Want to reach this author?